Lembaga Beasiswa BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)

Lembaga Beasiswa BAZNAS - Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) telah membentuk sebuah lembaga beasiswa yang diberinama Lembaga Beasiswa Baznas (LBB). Lembaga ini dibentuk untuk memberikan layanan program-program beasiswa seperti pendidikan gratis bagi para mustahik. Selain itu, lembaga beasiswa ini didirikan untuk membantu pemerintah dalam memajukan pendidikan nasional dengan cara memberikan bantuan kepada pelajar yang tergolong kurang mampu dalam hal ekonomi. 


BAZNAS adalah lembaga amil zakat yang dibentuk oleh pemerintah melalui Keputusan Presiden no.8 tahun 2001 yang mempunyai tugas dan fungsi sebagai penghimpun dan penyalur zakat, infaq dan sedekat di tingkat nasional. Selain itu Baznas juga mempunyai misi untuk: meningkatkan kesadaran umat islam untuk berzakat melalui amil zakat; Meningkatkan penghimpunan dan pendayagunaan zakat nasional sesuai dengan ketentuan syariah dan prinsip manajemen modern; Menumbuhkan kembangkan amil zakat yang amanah, transparan, profesional dan terintegrasi; Mewujudkan pusat data zakat nasional dan Memaksimalkan peran zakat dalam menanggulangi kemiskinan di Indonesia melalui sinergi dan koordinasi dengan lembaga terkait. 

Acara peluncuran lembaga beasiswa BAZNAS ini sendiri dilaksanakan pada hari Senin (20/6) kemaren di Jakarta. Dalam acara tersebut Arifin juga mengatakan bahwa, "LBB ini akan mewadahi berbagai program beasiswa Baznas yang selama ini masih berjalan secara parsial". Dengan adanya LBB ini diharapkan program beasiswa dari Baznas dapat terbentuk secara profesional.

BAZNAS sendiri mempunyai keinginan untuk dapat mendorong agar setiap keluarga di Indonesia ini yang tidak mampu (kondisi ekonomi) bisa menyekolahkan anaknya hingga lulus Perguruan Tinggi dan mendapatkan gelar Sarjana. BASNAS sendiri mempunyai target akan memberikan beasiswa kepada 2 ribu penerima manfaat tiap tahunnya.

Selain itu, BAZNAS juga telah bermitra dengan 8 (delapan) Kampus top di Indonesia. Salah satunya ialah Universitas Indonesiam (UI), Universitas Padjajaran (Unpad), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Gadjah Mada (UGM), Institut Pertanian Bogor (IPB), Intitut Teknologi Surabaya (ITS), Universitas Terbuka (UT) dan Universitas Diponegoro (Undip).

Rencananya LBB ini akan memberikan beasiswa tidak hanya kepada para mahasiswa saja, namun mulai dari jenjang dasar, menengah, sarjana hingga pascasarjana. Selain itu, LBB juga akan mendirikan Pusat Kajian Pendidikan (Laboratorium Kurikulum, pusat training mengajar, advokasi pendidikan dan kegiatan lainnya yang mendorong pengembangan dan kemajuan pendidikan). Dan rencana kedapan juga akan mendirikan sebuah sekolah terpadu BAZNAS. 

Itulah tadi beberapa informasi mengenai Lembaga Beasiswa Baznas yang baru diluncurkan pada hari Senin kemaren. Apabila Anda tertarik untuk bergabung dengan program-program beasiswa dari Baznas. Tunggu saja informasi selanjutnya, atau Anda bisa langsung membuka laman resminya di www.pusat.baznas.go.id

Sekian, Terimakasih

Related Posts

Load comments